Tuesday, March 18, 2008

Pizza Mini


Buat isian snack box lucu juga….atau buat bekal sekolah anak-anak. Pizza ala kadarnya ini bisa mengobati rasa kangen kita akan pizza-pizza restoran terkenal…he..he..

Plain Brownies


Brownies ini emang andalan banget buat kebutuhan mendadak. Kopdar NCC Pamulang hari ini sebenernya bukan acara mendadak, tapi emang bikin makanan untuk dibawa nya ini yang meleset dari perkiraan karena banyak kegiatan yang diluar dugaan.

Semula emang rencananya mau bawa si max jelly white cakenya Bara…tapi apa daya, belum sempet bikin 1 hari sebelum hari H. Jadi pagi hari sebelum berangkat ke rumah Mbak Laras (host kopdar kali ini) krompyangan di dapur dapuran rumah untuk bikin Plain Brownies ini.

Sreseeettt…cepet, gampang dan enyaaaakk…untuk kali ini, gue tambahin chocolate chips dalam adonan dan almond iris di atas browniesnya (biar kayak brownies beneran…he..he..). Trus, takaran minyak di resep aku cuma pake 175 ml (pada dasarnya sich karena salah liat gr nya itu jadi ml)..tapi hasilnya tetep moist dan enyaaaakkk….

Plain Brownies
Lia
Bahan:
250 gr dark cooking chocolate, potong dadu
175 gr minyak goreng (atau 210 ml)
175 gr gula pasir
175 gr tepung terigu + 1/3 sdt baking powder, aduk dan ayak
3 butir telur
1 sdt essens vanilla
3 sdm bubuk cacao
50 ml susu segar

Cara membuat:



  1. Panaskan minyak, matikan api dan masukkan dark cooking chocolate dan bubuk cacao. Aduk hingga dark cooking chocolate dan bubuk cacao meleleh dan larut.


  2. Kocok telur, gula, esens vanilla dan susu segar selama 2 menit dengan mixer kecepatan rendah.


  3. Masukkan larutan coklat, kocok hingga rata.


  4. Masukkan tepung terigu sambil diayak dan tambahkan 1 level speed pada mixer agar adonan tidak terlalu terasa berat.


  5. Tuang ke dalam loyang 20x20x4 cm atau diameter 20 dan panggang hingga matang.

Thursday, February 14, 2008

Soes Kering Celup Cokelat


Menu bekal Naya sekolah lagi...


Pengen bikin soes tapi ukurannya juga ga gede-gede amat trus juga lagi males bikin vla buat isian.


Jadinya, nyetak soesnya dibikin kayak stik trus dipanggang sampe kering.


Udah dingin trus dicelupin ke cokelat leleh.

Tuesday, February 05, 2008

Devil Food Cupcake

Dimulai dengan kegiatan membuat bekal untuk Naya sekolah.

Biasanya Naya seneng banget sama cake cokelat...mau jenis apa aja. Berhubung mau dibawa sebagai bekal, jadi kemasannya dibuat cupcake aja.


Hasilnya lembut...ga usah anaknya..emaknya aja doyan. He...he..

Thursday, January 31, 2008

Donat Kentang




Iseng-iseng ada kentang teronggok di sudut dapur. Buka-buka resep...dapet resep Donat kentangnya Mbak

Fatmah.

Langsung usrek-usrek...

Cuma bentukkannya aja belom menarik. Kalo dari segi rasa dan ngembangnya sich wokeh....harus belajar lagi ngebentuknya niy...

Naruto


Sekarang katanya lagi ngetrend si tokoh Naruto..kalo kata Naya..'jagoan film kartun jepang'.
Nah, kebetulan dapet orderan kue ulang tahun Naruto..Begitu dipesen temanya Naruto..masih abu-abu ngebayangin kayak apa mukanya si Naruto ini. Browsing di internet sana sini..akhirnya nemu juga gambar-gambar Naruto yang keren.
Itu juga pas order edible picturenya...masih ragu-ragu..bener ga yang ini gambarnya Naruto.
Naya ternyata malah lebih tau si Naruto ini. Begitu edible picturenya dilihat...dia langsung bilang, "wah, Naruto, jagoan di film kartun Jepang niy, Bu..."
Kwak kwauuu....

Tuesday, January 22, 2008

Princess with Castle


Nah, yang ini untuk pesta ulang tahunnya Naya dengan teman-teman di rumah neneknya.



Karena penduduk yang datengnya banyak jadi Bubu bikinin yang besar...sesuai juga dengan request Naya kalo pestanya bertema PRINCESS.

Castle Cake


Spesial order from my eldest daughter...


"Bu, nanti kalo aku ulang tahun...dibikinin kue yang bentuknya kayak gini ya." ujar Naya sambil menunjuk gambar di buku Basic Decorating Cake nya Wilton.


Alhamdulillah yang ditunjuk Naya ga susah-susah amat untuk diwujudkan...maklum Bubunya masih sangat-sangat pemula.

Macaroni in cups


Buat dibagiin...atau buat box-box an...macaroni cuppies memang lebih praktis.


Ga perlu repot motong-motong, lebih rapih.

TiRamisu



Iseng-iseng bikin Tiramisu untuk memanjakan lidah orang-orang rumah...





Gampang ....sresetttt...langsung jadi. Paling yang lama nunggu beku di dalam lemari es ajah. sisanya...bisa dibilang cepat.

Thursday, December 20, 2007

Cupcake Natal




Cupcake bertema Natal ini dipesen untuk kirim ke klien kantor Mama.




Mesennya mendadakan dan harus mau...karena sudah mepet libur Natal dan mereka ga sempet nyari alternatif lain.




Jadi dekornya juga seadanya. Berbekal ilmu meMERAHkan buttercream dari Mbak Yuli...akhirnya dapet juga warna Natal (ijo dan merah).

Birthday Cake for My Very Bestfriend


Kue ulang taun ini didedikasikan untuk Ami Gitta. Ami itu panggilan 'ibu' untuk anaknya.


Kenapa ditekankan tulisan Ami di atas kuenya...karena tadinya niat bikin kue ini adalah untuk dibawa suami dan anaknya ke tempat prakteknya Gitta sang dokter jaga.


Kue nya pengen yang simpel tapi enak..akhirnya pilihan jatuh pada Gateux Africain (bener ga ya spellingnya??)


Cake nya pake sponge cake yang dikasih isi vla dengan campuran rhum.....

Sunday, December 09, 2007

Cupcake Bayi

Cupcake-cupcake ini dibuat dengan cinta untuk anak ku yang paling tampan, Gagah.

Mesti masih direpotkan dengan kegiatan mengasuh Gagah....membuat 100 cupcake untuk souvenir tidak terasa. Karena itu tadi, CINTA.


Bikinnya dicicil...mulai dari bikin pralinenya dulu....trus bikin cakenya...trus menghiasnya...kesimpulannya..bikin pralinenya yang lambrettaaaa.....jadi bikinnya karena harus mengurus 3 krucils...memakan waktu 3 hari.


Walaupun desainnya sederhana banget...cuma ngoles buttercream dan nempelin praline...mudah-mudahan siy bisa mewakilkan ke baby an Gagah di acara akikah Gagah.


so, Enjoy!

Sunday, November 25, 2007

Max white Jelly Cake versi putih


Ini kelanjutan dari Max White Jelly Cake yang kemaren.


Perbedaan yang sekarang...dihiasnya ga pake coklat cokelat...tapi pake cokelat putih. sesuai selera aja sich...pengennya gimana...sekedar coba-coba aja.

Thursday, October 04, 2007

Max White Jelly Cake


Dibilang puding....tapi ada cakenya...dibilang cake...tapi ada pudingnya...he..he..


Resep ini sebenernya resepnya Bara Pattiradjawane untuk Gula Gula. Begitu Septi (masih sekaligus orderan untuk ulang tahunnya Nathan) pesen puding yang ga biasa...langsung keinget sama jelly cakenya Bara ini.


Pernah ngerasain soalnya....NIKMAT. bikinnya juga gampang...cuma numpuknya aja yang agak ribet he..he..secara masih pemula.


Dekornya? Masih nyontek juga sama Bara...he..he..sorry Bara, idenya banyak gue curi...hi..hi..

Blue is the Colour!


Kue ini adalah pesenan temen kantor, Septi, untuk ulang tahun anaknya, Nathan, yang ke-1.


Mesennya udah dari jauh-jauh hari...sempet berubah-ubah ukuran. Akhirnya ditetapkan ukuran 30x40 cm adalah ukuran yang pas untuk kue Nathan.


Pengennya kue coklat pake selai blueberry.....warna blue...dengan hiasan Blue's Clues....lengkap kan kalo disebut temanya jadi BLUE.


Begitu kuenya dianter.....Septinya heran sendiri...kuenya kok gede banget ya????


hi..hi...

Sunday, September 23, 2007

Brownies Kukus



Nah, ini baru nyoba lagi bikin brownies kukus.

Resepnya pake resep Brownies Kukus, DB. Dimodifikasi dengan tambahan taburan almond slices dan meises di atasnya.

Hasilnya, dikirim ke masjid untuk buka puasa bareng-bareng di sana.

Tuesday, September 18, 2007

Rossette Cupcake


Sebenernya cupcake ini dibikin udah dari bulan Januari 07 yang lalu. Waktu Naya ulang tahun. Tapi baru ketemu gambarnya sekarang...jadi baru di upload di blog ini.


Coba-coba bikin cupcake dengan hiasan rossette...tapi ternyata sepertinya hasilnya belum terlalu maksimal karena emang belum mahir menggunakan spuit ya..


Yuuukkk, belajar lagi pake spuitnya...! caiyo!!

Cupcake Betrand.....bukan Bertrand ya....

Cupcake untuk ulang tahun Betrand ini emang requestnya dihias sama dengan cupcake nya Gerrard. Soalnya mereka emang sepupuan alias ibu-ibunya kakak adik.


Maunya juga warna icingnya sama...rasa kue nya juga sama....cuma yang punya Betrand ga mau pake bendera-benderaan.


Tadinya pesen 30 biji...tapi menjelang hari H....(H-2 lebih tepatnya) orderan menjadi 40 biji. Hah??? bingung dech tentang edible picturenya...soalnya cuma pesen yang selembar nya isi 15 gambar. Untung aja masih bisa tambah dikirimin satu lembar lagi.


Jumat pagi, udah mulai bikin cupcake nya. Sampe sore....edible picturenya belom dateng-dateng juga...

Jam 3...teng....dateng juga kurirnya. Tapi ternyata cuma ada 2 lembar ajah....hah??? panik dong...soalnya 15 menit sebelumnya, si pemesan baru mastiin bahwa pesenan bisa jadi 40 biji dan gue udah iya in dengan yakin bisa....fuiccchhh...

Error.com nomor 2....ternyata tulisan nama Betrandnya salah....gunting aja dech...takutnya kan yang kasih nama protes...NAMA lho....vital banget kaaannn buat ibu-ibu yang lagi bangga-bangganya ma bayinya yang baru 1 tahun.
Untungnya pagi hari....jam 7 an...sang edible picture sisanya mendarat dengan mulus di tangan. Terima kasih banget ya...service nya ok...pake ngasih bonus gambar pulak...he..he..


Kali ini ga pake begadang-begadangan....udah mulai canggih niy manajemen waktunya ceritanya...cuma yang masih perlu dipikirin adalah waktu yang perlu disediakan untuk adanya kendala-kendala seperti di atas....hiks...


Sama satu lagi...karena bikin icingnya pake meringue powder nya Wilton....masih o'on...jadi waktu mengaplikasikan ke atas cupcake...ternyata keras banget kayak nyetak sagu keju...walaaahhhh...tangan puegeeelll, jo!
Ternyata emang kurang diencerin dikit ya...sekali nyoba diencerin....keenceran! halah....feeling nya masih belang bentong juga niy...he..he..


Tapi sukses kok cupcake nya, Mbak Icha 'sang pemesan' langsung telpon sorenya buat bilang makasih dan bilang kue nya enaaaaakkkk....Dia bilang..untung ada bonusnya, jadi bisa ngerasain juga cupcakenya yang jadi rebutan di bawa pulang sama tamu-tamunya.

Tengkyu.....

Monday, September 10, 2007

Cupcake Candi Sewu

Wah, bikin cupcake ini penuh perjuangan banget.

Dapet order fix jam 3 sore hari Jumat. Untung bos ga ada....cuma kirim sms, "Have a nice weekend, Nonon....."..langsung kabuuurrrr.

Si Mumun dipaksa membelah jalan ditengah mendungnya langit Jakarta sore itu. Mampir ke Titan, belanja-belanja (karena emang kebeneran stok bahan-bahan udah abis). Penuh pulak...ngantri bayar..dianter sampe ke mobil sama mbaknya karena belanjaannya banyak dan ga tega juga ngeliat ibu gendut ini berjalan sendiri menenteng banyak plastik belanjaan. Padahal parkirnya juga di seberang secara ga berani kalo harus parkir di parkiran Titan yang terlalu menjorok itu.

Ternyata begitu masuk pintu mobil......BYUUUURRRR...hujan mengguyur. Berdoa sebentar..si mumun kembali dipacu lagi membelah jalan yang mendungnya sudah berganti dengan hujan deras.
Terjebak macet sejalan-jalan...karena telat memutuskan untuk masuk tol yang menyebabkan terjebak di tengah-tengah parade mobil tanpa bisa berbuat apa-apa....hanya menatap terigu, telor, etc itu teronggok di belakang jok mobil. Hiksss....daripada stresss...setel CD kenceng-kenceng trus nyanyi-nyanyi sendiri. Abis percuma, udah coba setel TV...tapi karena mobil di depan ga jalan-jalan...malah ga konsen nontonnya.

Dengan sukses sampe di rumah jam 7 malem (rencana awal sampe rumah jam 6). Makan dan bercengkerama sebentar dengan krucils....langsung berkutat dech dengan bahan-bahan kue. Mengingat pesanan 50 cuppies sudah harus diantar jam 10 besok pagi.

Kocok...aduk...panggang....Ayah pulang....ditemenin sambil Ayah ngetik-ngetik...bantuin juga bikin coklat (emang itu hobinya)....akhirnya dengan sukses 50 cuppies selesai jam 3.30 pagi!

Wuiiiccchhh....lega dech.


Ternyata perjuangan belum juga selesai. Janji jam 10 di ITC BSD tinggal kenangan! Berangkat sesuai jadwal (jam 9)....harus balik lagi karena waktu sampe depan komplek...itung-itung...kok kayaknya cupcakesnya kurang 10 biji...kemanakah gerangan yang 10 biji???? apa karena tadi malem udah blenger..trus jadi salah itung? apa ketinggalan dus nya di rumah...balik lagi ke rumah....ternyata Mama salah ngitung...bilangnya cuma 3 lapis yang masing-masing lapisannya 5 pcs...ternyata ada 4 lapis...Ya Allaaahhhh.....Mamaaaaaaa!!!

Jalan lagi...terserah Ayah mau lewat mana dech...ternyata jalan yang dipilih Ayah....SALAH. Karena ga tau kenapa kita malah terjebak macet. Begitu masuk kawasan BSD, jalanan baru lowong...Ayah ngebut....tapi karena jalanan ga rata....Si Mumun sempet 'terbang' yang bikin gue jadi deg-degan lagi...'jangan-jangan cuppies di belakang pada rata niy!!!'. Soalnya Ayah juga jadi ga enak sama Mbak Elyn, sang pemesan....

Akhirnya sukses sampe di ITC BSD jam 11.30....mundur 1,5 jam dari janji awal....Maap banget, Mbak Elyn...aku telat banget nyampenya ya...mudah-mudahan hasilnya memuaskan...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails