Wednesday, April 23, 2008

Soes Jepang ala Pak Sahak Pribadi


Soes ini lebih dikenal dengan soes 'Bandara Soekarno Hatta'.

Harganya di atas rata-rata...tapi rasanya juga di atas rata-rata. Jadi makan satu piece aja dieman-eman (kalo katanya Septidut temen satu kantor gue..).


Dapet resep yang beredar di milis NCC...terus gedubrakan nyoba sendiri. Mendadak pulak untuk dibawa ke kopdaran ketiga milis NCC Pamulang.


Sengaja dibawa biar ketauan gagal atau nggaknya, kali aja ada yang udah pernah nyoba bikin tapi hasilnya beda. Karena waktu jadi, sempet mikir juga..kok vlanya encer banget yaaa....(jadi sebelum berangkat kopdar sempet disimpen di freezer dulu biar agak beku)...trus kulit soesnya crunchy...Ternyata, begitu disajikan...ga sampe 10 menit, soesnya LENYAP tapi suasana sepi....rupanya lagi asyik ngunyah.


Ngobrol-ngobrol sama Bu Hera tentang soes ini..(karena bu Hera pernah menghadiri demo bikin soes ini)..ternyata soes ini emang enak disajikan dingin karena kalo dimakan kayak makan kelepon....yang gulanya suka meledak keluar. Baru selesai ngomong gini....Mbak Zulia kena ranjau vla coklat segernyaaa....ha..ha...seru. Tapi semua pada bilang ENAK...terus minta resepnya diposting...


Berikut resepnya....fotonya dijepretz oleh Mbak Widya cantik, mungil dan imut dengan kamera canggihnya..he..he..


Bahan A ( rebus sampai mendidih )
100 gram butter
110 gr air
1 sdt garam

Bahan B :
120 gr tepung terigu
3 butir telur ayam

Cara membuatnya :
- Masukan tepung terigu ke bahan A semuanya lalu aduk sampai kalis matikan apinya.
- Kemudian masukan telur satu persatu setalah adonan agak dingin sambil dikocok hingga rata.
- Semprotkan keloyang yang telah diolesi dengan bahan oles.

Bahan Topping
50 gr butter
50 gr gula halus
1 sdm air

50 gr tepung terigu

Cara membuatnya :
Semua bahan campur jadi satu lalu dikocok sampai lembut.
Masukan kekantong plastik segitiga lalu gunting bagian bawahnya kecil saja lalu semprotkan diatas adonan soes kira - kita 3/4 bagian, (seperti membuat roti boy).
Panggang dengan api 180 derajat selama 35 menit atau sampai matang.

Bahan isi :
250 gram coklat blok
100 gram susu cair
200 gram whipp ( kocok sampai mengental )

Cara membuatnya :

Masak coklat dengan susu cair sampai mencair, lalu dinginkan. Kemudian masukan kewhipp lalu aduk sampai rata.

Penyelesaian :
Suntikan bahan isi kedalam sus yang sudah dipanggang.

Tips :

Simpan soes diflizer agar tetap garing ( sebelum disajikan ).

4 comments:

Fenrisar said...

See Please Here

Midha Mulyaningrum said...

Mb,
Soes jepangnya enak banget.. ( walo g pernah ngerasain soes yg bandara soekarno hatta) hehehe

Tp saya ngoven suhu 180 derajat blm nyampe 30 menit toppingnya dah gosong mb, akhirnya saya bikin 170 derajat 25 menit aja, jdnya g terlalu crunchy.. Hiks.. Tp tetep mak nyuss kok..

Makasih banyak y mb Nonon,

btw anak2nya mb nonon cantik2 & genteng deh.. Jadi gemes ^_^

Nonon said...

to midha...

emang kalo baking kita sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi oven kita....istilahnya mesti sukses dulu menggauli oven..

baru bisa kira-kira si oven ini harus diperlakukan bagaimana untuk memanggang obyek...halah, bahasanya..

makasih ya udah berkunjung...

tengkyu juga dibilang anak2ku cantik dan ganteng..he..he..siapa dulu dong ibunya...ha..ha..

Alra said...

Mbak Nonon, numpang nanya. Itu di resep ada tulisan olesi loyang dengan bahan olesan. Bahan olesannya yang mana yah? Kok gak ada di resep? Makasihhh....

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails