Saturday, May 31, 2008

KKB#5: banoffee Pies







Pastry…bermimpi pun tidak untuk membuat pie. Tapi tantangan ini emang bener-bener menantang buat gue.
Baca resepnya..ditelusuri dan dipahami dengan detail…udah melotot duluan begitu liat di cara pembuatan yang menggunakan food processor…ga punya soalnya, jadi mulai panik. Pernah liat Bara bikin kulit pie pake garpu, trus pake mixer dengan gagang untuk bikin roti.

Akhirnya berbekal nekad dan doa…ceileee…gue bikin juga tuch si mbaknopi ini..

Dimulai dengan mengadon kulit pie dulu menggunakan garpu (sabar) trus adonan beremah-remah…masukin telur satu persatu, aduk lagi pake garpu…masih sabar…trus masukin air dingin (air es)….fuich…kumpulin dech adonan yang ambyar itu di plastik dan dibentuk bola. Simpen dalam lemari es…ditunggu….ternyata begitu keluar dari lemari es malah jadi keras kayak batu dan ga bisa digiling pake rolling pin….whuuaaaa….paniknya kumat lagi dilanjutkan dengan berdiskusi dengan mbak widya, BSD. Sayang, SMS nya ga dibales.

Jadi gue putuskan untuk kembali mengulang membuat adonan kulit pie. Kali ini ngaduk mentega, terigu dan gulanya tetep pake garpu sampe adonan menyerupai pasir. Tapi begitu masukin telur dan nambahin air….pake mixer aja dech! Pengen tau perbedaan hasilnya akan seperti apa. Ternyata setelah disimpen di dalam kulkas..lebih empuk dari adonan yang pertama.
Setelah gue inget-inget…di adonan yang pertama, waktu ngumpulin adonan nya jadi bentuk bola, sempet diremas-remas..jadi keras.








Sukses dengan adonan, masalah menggilas dengan rolling pun menjadi tantangan nomor 2! Ternyata menggilasnya harus penuh taktik biar adonannya bisa berbentuk bundar sesuai dengan loyang nya. Setelah puter-puter…cari angle yang tepat….huplaaa…kulit pie nya berhasil dipindahkan ke loyang. Atasnya ditimpa beras biar ga menggelembung, trus dipanggang dech..

Oya, adonan kulit pie nya masuk ke loyang pie besar ukuran diameter 24 cm trus sisanya bisa buat cetakan kecil-kecil 6 biji.







Begitu mateng, langsung comot si kulit yang dicetakan kecil…enyaaaaaaakkkk!! Renyah, empuk,….apalagi ya..pokoknya enak dech..

Selanjutnya bergerilya membuat filling nya. Sambil mengawasi anak-anak kelinci asyik bergelut dengan adonan gagal kulit pienya….asik aja ngaduk-ngaduk mentega dan gula palem (ga nemu brown sugar dimana-mana jadi pake gula palem aja dech…).







Sukses juga untuk karamelnya….aku bikin sedikit kental karena pasti enak juga kan kalo dimakan trus karamelnya lumer di mulut….eeehhhmm…

Segera aja tata pisangnya di atas kulit pie, trus disiram dengan karamel…

Disimpan dalam lemari es terus…..begitu sudah dingin langsung dihias dengan whipped cream, tabur cocoa powder biar ngimbangin rasa manis karamelnya…trus dikasih parutan white cooking chocolate biar cantik.

Diiris….trus dilep…enaaak…

Sempet dibawa juga 3 potong ke kantor, ga sampe 5 menit langsung habis…sampe ada juga yang tanya…kalo loe jual per loyangnya berapa???






Wuidiccchhh…boro-boro mikirin harga jual ya, neng…wong, sukses apa nggaknya aja masih meraba…ha..ha..

7 comments:

Dita said...

hihihi....kalo dah ada yg mintak, brati sakseis tuh Non :P.

Widya Puteri said...

nonon.. sorry dorry morry ya jeng kemaren tuh.. eikeh mati getong ya hapenya? apa habis pulsa ya? deuh lupa deh.. hihihih.. tp alhamdulillah sukses yaaaa!!!! chayoo terus. btw mana postingan cupcakenya?

ezza's said...

aq suka banget penampakan banoffeenya.. cantik loh..

Nonon said...

tengkyu...tengkyu....

cupcakenya ketunda...karena kerjaan kuli lebih banyak proyeknya..(proyek senen???!!!)

~Atiek~ said...

Wah, cantiknya...

MiNDY said...

cakep hasilnya

Nonon said...

makacih all...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails