Sunday, March 30, 2008

KKB #4 Chocolate Swirl Merengue



Ini PR tantangan KKB gue yang pertama!

Langsung kebagian bikin MERENGUE. Wuidddiiihh ngeri ga sich ngedenger namanya??


Akhirnya setelah melototin resep (sempet agak error juga waktu KKBers yang lain pada bilang ngocok putih telurnya di au bain marrie), berhubung cuma dikasih 1 bulan buat ngerjain (ini juga udah mefet banget)...akhirnya nyoba bikin pertama...


Hasilnya ok...banget malah karena sukses dengan sempurna bentuk si merengue ini. Cuma yang bikin gagal adalah....mencampur cocoa powdernya terlalu rata..jadi merenguenya bener-bener berwarna coklat ajah.



Minggu depannya nyoba bikin lagi....warnanya sukses karena nyampur cocoa powdernya cuma syarat doang. Tapi gagalnya adalah si merengue ini pecah di sambungan-sambungan merenguenya.

Mendekati waktu detlen...bikin lagi dan bertekad kali ini harus BERHASIL!

Akhirnyaaaaa!!!!! Merengue gue jadinya kayak yang di atas itu...hi..hi...ga tau bisa dibilang gagal atau sukses...please diponten ibu-ibu...



Rasanya OK...tapi mungkin kalo kebanyakan ya berasa banget manisnya.


Resepnya:

Source: Taste Magazine
Makes 6. (Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil))


4 egg whites
225g caster sugar
1 tsps cornflour
1 rounded Tbs cocoa powder
Thickened cream to serve.



Preheat the oven to 150C fanbake.
Line a baking tray with baking paper.
Put the egg whites and caster sugar in a large heatproof bowl and sit over a panof simmering water. Don't let the bottom of the bowl touch the water or theegg whites will scramble.
Stir with a wooden spoon until the sugar hascompletely dissolved and the mixture is quite hot to touch, then immediately remove from the heat.
Whisk egg white mixture using a hand-held electric beater for about 10-15 minutes until very thick, white and glossy.
Mix in the cornflour. Sieve in the cocoa powder and, using a large metal spoon, very lightly fold into themeringue using 2-3 strokes. Don't mix it thoroughly.
Spoon the mixture (you can pipe it with the piping bag, if you wish-ab) on to the prepared baking sheets in 6 large spoonfuls, making each one as peaky aspossible (don't have to do this when you want to make 10 smallmeringues-ab).
Put the baking tray in the oven, reduce the temperature to 120C and cook for 1 hour 15 minutes.
Turn off the oven and leave themeringues inside until completely cold. Serve with thickened cream.


----------------------

Chocolate Swirl Meringues

Sumber: Taste Magazine
(Untuk 6 porsi (besar), 10 porsi (kecil)


4 putih telur
225g gula kastor
1 sdt tepung maizena
1 sdM coklat bubuk
thickened cream untuk sajian


Panaskan oven suhu 150C fanbake (kalo ga punya fanbake pake 120C aja, setting bake).
Campur putih telur dan gula di dalam mangkuk tahan panas yang diletakkan di atas panci berisi air panas. Jangan sampai pantat mangkukmenyentuh air karena putih telur akan bergumpal-gumpal. Aduk pakai sendok kayu hingga gula betul2 larut dan adonan terasa panas jika disentuh, lalu angkat dari kompor.
Kocok adonan putih telur dan gula ini menggunakan mixer selama 10-15 menit sampai betul2 kental, putih dan mengkilap.
Masukkan tepung maizena.
Ayak coklat bubuk, lalu masukkan ke dalam adonan meringue menggunakan sendok metal dengan 2-3 kali aduk. Jangan aduk sampai rata.
Sendokkan (diijinkan menggunakan piping bag-ab) ke atas loyang 6 buah.
Buatlah setiap tumpukan setinggi mungkin (kecuali jika ingin membuat 10 buahmeringue kecil-ab).
Masukkan ke dalam oven, turunkan suhu seketika ke 120C(yang tadi menggunakan 150C fanbake, jika yang menggunakan setting bake 120C tidak perlu menurunkan suhu oven lagi) dan panggang selama 1 jam 15 menit(tergantung panasnya oven masing-masing ya-ab).
Matikan oven dan tinggalkan meringue di dalamnya sampai betul-betul dingin.
Sajikan dengan krim kental.



Yuk...mareeee....

12 comments:

Arfi Binsted said...

difoto yang terakhir non, meringuenya kliatan marmernya. cantek aaaaah! nyolek dikit! hihihi

makasih udah komitmen dan posting tepat waktu.

cheers,
ab

mae said...

canteeeeek.....

Nonon said...

tengkyuuu...

berarti boleh dipasang niy label lulusnya yaaaa...

sik asik...asik...

Dita said...

yang ngabisin banyak dwongg non. Krucils pada doyan tak?

Widya Hidayat said...

Lutju Mereng nya ^_^
Salam sesama KBBers....

Nonon said...

yang ngabisin ya si cewek-cewek kecil...sengaja bikin yang kecil2 nya dibanyakin...yang besar cuma buat eksperimen foto sesuai tugas..he..he..

karena pada lebih seneng yang kecil trus coklatnya dicampur rata. coklatnya gue kasih lebih banyak biar ga terlalu manis

Elsye said...

nonnn..cantik bow meringue-nya...keliatan seger, anak2 doyan yaaa...hihihihi....suksess buuu

Sofie said...

Haiii.. salam kenal.. :D
Non, foto yang terakhir keren tuh swirlnya. Tapi sy lebih suka bentuk mereng yang difoto ke-2, rapihhh trus bisa tinggi gituh. Te-o-pe banget deh pokoknya...

ezza's said...

cuanteeek lho non...
sesuai dengan pengorbanan deh hehehe..
rajin banget bikinnya :)

santi said...

salam kenal... cantik kaliiii... seneng liat yang foto ke-2, bisa mlungker-mlungker ayu..

Nonon said...

demi KKB dech...gue jabanin bikin berkali-kali..abis malu..kalo dikasih waktu sebulan kok masih gagal juga hasilnya...malu ma yang lain...hi..hi..

Zololkis said...

See Please Here

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails