Sunday, July 30, 2006

Puding Karamel & Makaroni Panggang

Untuk acara Akikah Naya, dapur kita kali ini menyajikan pudding caramel ala Mama. Dari dulu Mama seneng banget bikin pudding ini buat dibawa ke acara kumpul keluarga.

Satu lagi…Makaroni panggang. Yang ini sebenernya agak susah nulis resepnya karena biasanya kalo bikin ini asal cemplung-cemplung ga pake liat resep. Bahannya bisa modifikasi sendiri. Kadang sosisnya diganti sosis ayam, bisa pake smoked beef atau jagung…terserahhhh…tergantung bahan yang ada di kulkas.

Coba dech..resepnya gampang. Tapi, hasilnya…enakkk!!

Photobucket - Video and Image Hosting
PUDING KARAMEL
By Mama

Bahan
1 liter susu cair
5 butir telur
50 gr gula pasir

Cara membuat:
Panaskan gula pasir dalam mangkok kaca (Pyrex) dengan api kecil. Diamkan hingga mencari dan berwarna coklat. Setelah mencair, angkat dan dinginkan hingga menjadi beku.
Kocok lepas telur sebentar saja lalu campur ke dalam susu. Aduk hingga rata.
Tuang ke dalam mangkok kaca yang berisi caramel yang sudah beku.
Panggang dengan suhu 100 derajat Celcius selama kurang lebih 45 menit dengan metode Au Bain Marie.
Setelah matang, dinginkan baru kemudian disimpan dalam lemari pendingin karena lebih nikmat jika disajikan dingin.

Photobucket - Video and Image Hosting



Makaroni Panggang

Bahan:
250 gr macaroni, masak sesuai petunjuk pada kemasan
½ liter susu
½ ekor ayam, rebus dan suir-suir
1 liter air
3 buah sosis, iris tipis
2 buah bawang Bombay, iris halus
5 siung bawang putih
1 stik Keju cheddar, parut
1 buah kaldu blok
Mentega untuk menumis
Merica secukupnya
Bubuk pala secukupnya
garam secukupnya


Cara membuat:
Rebus ayam hingga matang lalu suir-suir. Sisihkan air sisa rebusan ayam.
Tumis bawang putih dengan mentega hingga harum. Masukkan bawang Bombay, merica, pala dan garam. Aduk-aduk.
Masukkan sosis dan ayam. Tambahkan kaldu blok. Aduk hingga matang lalu tambahkan air kaldu ayam. Angkat.
Campur macaroni dengan susu dan bumbu tumisan. Aduk hingga rata.
Masukkan ½ adonan ke dalam mangkok kaca, tabur dengan parutan keju cheddar. Tuang kembali sisa macaroni dan beri keju parut.
Panggang hingga matang dengan suhu 180 derajat Celcius.

3 comments:

lyan_id said...

salam kenal... dah nyoba resep karamel aku gak..enak lho

Irvan said...

Salam kenal juga, mbak..
Boleh dong cobain makaroni panggang di www.manta-macaroni.com... Makanan spesial untuk orang spesial...

Irvan said...

Salam kenal juga, mbak..
Boleh dong cobain makaroni panggang di www.manta-macaroni.com... Makanan spesial untuk orang spesial...

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails