Sunday, June 04, 2006

Kursus Aneka Tiramisu Kukus

Kursus NCC kedua yang gue ikuti bertema Aneka Tiramisu Kukus.
Bertempat di Titan, Fatmawati, kursus ini ternyata padat pengunjung. Sudah dari jam 9 kurang (bahkan ada yang sudah dateng jam 8 an...Mbak Yuli-Bintaro) peserta kursus sudah mulai berdatangan dan mulai mengadakan inspeksi dalam rangka mengincar apa yang akan dibeli nanti sepulang kursus.
Jam 9 teng kursus dimulai. Di awal pertemuan Bu Suhu, Fatmah, berpesan, "Kita ngebut yuk kursus hari ini, biar nanti di akhir bisa bedah resep Bronkus Keju nya Pak Sahak sebagai bonus kursus hari ini."
Serentak, peserta rapat membalas bersorak..."Ayoooo....".
Materi kursus kali ini adalah Mocca Tiramisu Kukus, Chocolate Tiramisu Kukus, Zebra Tiramisu Kukus dan Tiramisu Kukus Gulung.
Bu Suhu, Fatmah pun kali ini tidak sendirian...ditemani oleh Mbak Dewi Anwar, Mbak Riana plus seorang reporter NCC Blogsome yang sibuk potret sana sini, Mbak Nadrah.
Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting
Kursus pun dimulai...awalnya peserta kursus cuma manggut-manggut mendengar penjelasan suhu di depan...Begitu tau kalo bahan 'ajaib' yang menjadi ciri khas tiramisu adalah si 'Tiramisu Powder', sontak semua bertanya-tanya apakah di Titan ini tersedia stok barang untuk dibeli peserta kursus.
Ternyata harga powder ini tidak murah dan stoknya pun terbatas. Terbentuklah panitia untuk menyelenggarakan pembelian tiramisu powder dengan cara patungan. Hal ini tentu saja dilakukan demi semua peserta kursus yang rata-rata punya hasrat menggebu untuk mempraktekkan kembali hasil kursus ini di rumah.
Yang ada bukannya sibuk memperhatikan bu Suhu berpraktek ria...malah sibuk ngumpulin uang buat beli tiramisu kukusnya. Jadi ga enak sama Mbak Fatmah...maaf ya, Mbak...
But anyway...makasih buat Ine dan Vera yang dengan rela meninggalkan materi kursus untuk mengkoordinir pengumpulan uang pembelian Tiramisu Powdernya.
Materi kursus pun jadi satu-satu...mulai dari Chocolate Tiramisu Kukus...begitu jadi, semua langsung pada berebut mau coba...hasilnya??? lembuuuuttt banget.
Photobucket - Video and Image Hosting
Berlanjut lagi ke Mocca Tiramisu Kukus yang rasanya eksotis...(mungkin pengaruh dari Mocca yang dicampur dengan kopi)..hmmm...wangi nya juga ga kalah menggoda.
Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting
Masih terus lagi dengan materi Zebra Tiramisu Kukus..nah, ini yang seru. Soalnya Mbak Fatmah ngajarin triknya bikin motif zebra. Buat gue...menakjubkan karena sebelumnya gue ga pernah kepikiran kalo bikin motif zebra itu kayak gimana. Maklum pemula...Ternyata di loyang bunder..ditaro secentong di satu titik adonan yang ditumpuk lagi dengan secentong adonan warna lain, tetep di stau titik. Lama kelamaan dia akan membentuk motif zebra dengan sendirinya. Ga perlu diukur-ukur...wooowww..hasilnya...Naya aja takjub liat kue bisa belang-belang gini..he..he.
Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting
Belum lagi trik untuk bikin bolu gulung...waduh...lengkap dech kursus kali ini. Ternyata banyak lho peserta kursus yang sudah ahli bikin ini itu tapi masih belum berani bikin bolu gulung..
Mudah-mudahan setelah dapet 'ilmu' dari Mbak Fatmah...bisa berani bikin ya..
Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting
Terakhir, buat bonus...Mbak Fatmah bedah resep Bronkus Kejunya Pak Sahak...taraaa.....ini dia hasilnya...
Photobucket - Video and Image Hosting
Ternyata bener...kursus kali ini adalah kursus tercepat (menurut yang sering ikut kursus...hi..hi..).
Selagi kita menikmati makan siang dengan menu Nasi Liwet Solo yang kali ini disajikan oleh Mbak Rurry..di atas kompor sudah tinggal menunggu hasil kukusan dari Bronkus Keju Pak Sahak daaaannnn Zebra Tiramisu Kukus ulangan untuk merevisi resep.
Suasana kelas memang riuh banget...secara, peserta kursusnya 25 orang...suhunya juga banyak...ramenya polllll dech..
Selesai uji coba seluruh materi kursus, beberapa dari peserta kursus sengaja bertatap muka dengan Mbak Fatmah buat tanya ini itu. Ada aja pertanyaan yang bikin Mbak Fatmah tertawa...trus akhirnya jadi ledek-ledekan...
Setelah puas...peserta rapat kembali lagi ke lantai bawah daaannnnnn belanja heboh. Yang pasti stok Tiramisu Powder di Titan langsung habis...berikut dengan Tiramisu Compound...selanjutnya cream cheese...emulsifier starkist..coklat bubuk Berdeoux...semua pada bersahut-sahutan ngumpul di sekitar timbangan buat memesan barang yang diinginkan.
Sudah waktunya pulang...Ayah sudah menunggu di depan. Berbekal sekaleng soft drink dan kue hasil kursus buat sogokan...Ayah harus sabar nunggu gue yang kelamaan belanja daripada kursusnya. he.he..

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails