Sunday, May 14, 2006

Sacher Torte

Minggu ini pengen uji coba resep hasil kursus beberapa waktu lalu di rumah Bu Admin, Ruri. Namun, seperti biasa...karena ini untuk kalangan rumah, jadi selainya ga pake selai aprikot..cukup pake olesan ganache yang nyoklat banget..trus menghiasnya pun ala kadarnya. Ga pake cherry dan ga pake whipped cream.

Namun hasilnya...??? Jangan ditanya! sedep-dep-dep...

Photobucket - Video and Image HostingPhotobucket - Video and Image Hosting

SACHER TORTE


Photobucket - Video and Image Hosting


Bahan A:
160 gr mentega/margarine
160 gr gula kastor (gula pasir yang sangat halus)
8 butir kuning telur
1 sdt vanili ekstrak
160 gr dark cooking chocolate, lelehkan
150 gr tepung terigu protein sedang

Bahan B:
8 butir putih telur
150 gr gula kastor

Bahan C:
250 gr selai aprikot, panaskan

Chocolate Ganache:
350 ml whipped cream
350 ml dark cooking chocolate, cincang

Cara membuat:
Bahan A:
Kocok mentega hingga lembut dan berwarna pucat.
Masukkan gula kastor secara bertahap sambil tetap dikocok hingga mengembang dan pucat.
Tambahkan kuning telur satu persatu agar adonan tidak pecah dan kocok hingga rata. Terakhir masukkan coklat leleh yang sudah didinginkan menjadi suhu ruang, aduk rata.

Bahan B:
Kocok putih telur hingga naik, masukkan gula kastor sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga gula habis dan putih telur kaku. Putih telur tidak akan kaku sekali karena sudah ada campuran gula (soft peak)

Campur bahan A dan bahan B dengan cara menuang adonan B ke adonan A bergantian dengan menuang terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan A. Aduk perlahan (teknik ‘aduk balik’). Aduk hingga benar-benar rata. Putih telur yang menggumpal menyebabkan hasil kue bolong-bolong.
Oles loyang dengan mentega dan beri alas kertas roti yang juga sudah dioles dengan mentega.
Tuang adonan ke dalam 3 loyang bulat berdiameter 22 cm dengan tinggi 4 cm. Banting-banting loyang agar adonan rata. Panggang dalam oven bersuhu 160 derajat Celcius hingga matang.

Chocolate Ganache:
Panaskan whipped cream (jangan sampai meleleh, cukup hingga pinggiran whipped cream berbuih), angkat dan masukkan DCC. Aduk hingga meleleh semua dan dinginkan.

Selai aprikot:
Panaskan dan kalau masih terlihat kental, tambahkan sedikit air agar mudah mengoleskan pada cake.

Cara menghias:
Letakkan satu lembar cake di atas alas, oles dengan selai aprikot. Tumpuk diatasnya satu lembar lagi, oles dengan chocolate ganache, tumpuk lagi diatasnya satu lembar cake terakhir. Rapikan dan masukkan ke dalam kulkas.Letakkan cake di atas kawat yang ditaruh di atas baskom atau loyang, siram dengan sisa chocolate ganache. Rapikan dan dinginkan.

No comments:

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails