Monday, May 08, 2006

Kroket Keju

Resepnya perpaduan dari Dapur Bunda...dan Mama..he..he..

Berawal dari niat memberikan makanan selingan untuk Naya kalo dibawa pergi-pergi (ibu-ibu yang males ngasih makan anaknya kayak gini niy)...

Akhirnya coba-coba bikin variasi dari kentang dan nemu resep Kroket kejunya Dapur Bunda.

Kutak-katik resep..karena terinspirasi juga sama dagangannya Maya di Bandung yang dulu sukses memikat gue untuk selalu bela-belain ke rumahnya di Sektor 2 buat beli kroket keju andalannya. (masa sekarang mau nyusulin ke Bandung siy buat beli kroket kejunya Maya).
Srreng-sreng..Tarrrrraaaa....
Photobucket - Video and Image Hosting
Ini dia resepnya:
KROKET KEJU

150 gr keju yang telah diparut
100 gr keju potong balok
250 ml susu
1 sdm mentega
50 g tepung terigu
2 kuning telur
garam secukupnya
merica secukupnya
1 putih telur
tepung roti
minyak goreng

Cara Membuatnya:

  1. Lelehkan mentega, masukkan tepungnya, aduk-aduk sebentar, lalu masukkan susunya sedikit demi sedikit sambil adonan diaduk-aduk terus sampai kental dan rata.
  2. Angkat, lalu masukkan kuning telur yang telah dikocok, keju dan bumbu-bumbu.
  3. Dinginkan lalu pulungi bulat memanjang sebesar ibu jari.
  4. Gulingkan ke dalam tepung roti, celup kedalam putih telur yang telah dikocok sebentar, lalu gulingkan lagi di tepung roti.
  5. Jika semua pekerjaan sudah selesai, goreng dalam minyak panas sampai berwarna kuning kecoklatan. Dihidangkan panas-panas.
Tips:
Sebaiknya kroket yang sudah selesai digulung ke tepung roti dan putih telur disimpan dalam freezer selama kurang lebih 1 jam supaya tidak pecah sewaktu digoreng.

1 comment:

Pinot, Dita, Arwen & Leia said...

nyam nyam...biar lebih gurih, coba deh digulinginnya jangan cuman putih telornya tapi pake kuningnya juga.
trus berhubung selama ini belum nemu cara biar gak pecah, gw nggorengnya pake panci dan bener tuh gak pecah, karna kroket2nya lebih kerendem minyak. cuman pancinya jadi korban item-item bekas gorengan :)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails