Sunday, November 30, 2008

KBB #8 – Bitter Chocolate Peppermint Biscuits



Biscuit….hmmm…

Yang terasa susye mengerjakan tantangan ini adalah..karena udah lama banget gue baking blue. Males banget menjamah mixer, oven, spatula…


Pengennya jajan aja, ga pengen bikin sendiri.
Apalagi nyari esens mint yang dicari muter-muter, ternyata malah dapetnya di Pasar Tebet tercintah!

Bikinnya sich sreset…sambil lewat karena emang lagi padet banget acara ma anak-anak.

Bikin biskuitnya sempet ditinggal seharian adonannya di kulkas sampe Naya nanya terus…”mana kuenya, Bu?? Kok ga jadi-jadi.”. Ternyata waktu ngebentuk biskuit…agak penuh perjuangan. Mau ambil singkatnya aja..pake cookie cutter bentuk bulet..hi..hi..bandel!
















Begitu jadi, langsung dilahap ajah..enak, kayak biskuit Monde. Anak-anak juga pada suka.

Selanjutnya, bikin krim mintnya. Nuang mintnya sambil bengong..kayaknya kebanyakan.

Begitu dicobain…kok kayak makan balsem ya???

Anak-anak juga pada aneh ekspresinya begitu disuruh nyobain. Alhasil Cuma coklat nya aja yang dijilatin sama mereka…

Yang jadi tim pembersih adalah RedPel gue…yang lagi detlen. Dikasih setoples..eh, dia makan abis lho sambil ngedit. Sampe gue ga yakin sendiri, “Mbak, beneran doyan apa karena ga ada makanan lain?”

Jawabannya, “enak kalo lagi masuk angin makan ini, Non.”

laaaahhH!!!!


Monggo resepnya ya..

Bitter Chocolate Peppermint Biscuits

Tingkat kesulitan: Sedang
Porsi: 12 potong
Source: Donna Hay for Canvas, NZ Herald.

185g butter, softened / 185g mentega, lunakkan (di suhu ruang)
1 cup caster sugar / 1 cup gula kaster
1 egg / 1 btr telur
2 cups plain flour / 2 cups tepung terigu
½ tsp baking powder / ½ sdt baking powder
1 cup icing sugar / 1 cup gula tepung
1 tsp peppermint flavouring / 1 sdt peppermint flavouring
2 Tbs water / 2 Tbs air
200g dark chocolate (70 per cent cocoa) / 200g dark chocolate (70 per cent cocoa)
1 cup cream / 1 cup krim

Preheat the oven to 180C. Place the butter and sugar in the bowl of an electric mixer and beat until light and creamy, add the egg and beat well. Sift the flour and baking powder over the egg mixture and fold through.

Panaskan oven, suhu 180C. Letakkan mentega dan gula di dalam mangkuk mixer dan kocok hingga ringan dan creamy, tambahkan telur dan kocok rata. Ayak tepung dan baking powder di atas adonan telur dan aduk hingga tercampur rata.

Gently knead the dough to bring together. Roll the dough between two sheets of baking paper to 2mm thick. Refrigerate for 30 minutes. Cut out 36 x 7 x 5cm rectangles. Place on baking trays lined with baking paper and bake for 56 minutes or until golden. Allow to cool on trays.

Uleni adonan dengan lembut supaya adonan tercampur rata. Gilas adonan di antara dua baking paper hingga tebalnya berukuran 2mm. Diamkan di kulkas selama 30 menit. Potong-potong persegi panjang dengan ukuran 36 x 7 x 5cm. Letakkan ke atas loyang biskuit yang dialasi baking paper dan panggang selama 56 menit atau hingga kecoklatan. Biarkan dingin di atas loyang tersebut..

Combine icing sugar, peppermint flavouring and water, and mix until smooth. Set aside. Combine the chocolate and cream in a saucepan over low heat and stir until chocolate is melted and smooth. Set aside.

Campur gula tepung, peppermint flavouring dan air, aduk hingga licin. Sisihkan. Campur coklat dan krim di atas panci dengan api kecil dan aduk hingga coklat leleh dan licin tercampur rata. Sisihkan.

Sandwich three biscuits biscuits together with peppermint icing. Repeat with the remaining ingredients. Lightly grease a wire rack and place over a baking tray. Place the layered biscuits on a fork, dip each one into the chocolate mixture, place on the rack and refrigerate for 2 hours or until set..

Rapatkan tiga lembar biskuit dengan peppermint icing. Ulangi dengan sisa bahan. Olesi rak tipis2 dengan margari/mentega dan letakkan di atas loyang. Letakkan biskuit di atas garpu, celupkan ke dalam adonan coklat, letakkan ke atas rak dan dinginkan di kulkas selama 2 jam atau hingga mengeras.

8 comments:

Andrie Anne said...

Wuiihh lapisannya cantik banget Non..sukses deh..

Arfi Binsted said...

kekekekekkk!! abis yaks? yo oloooooooo ada yang suka masup angin juga neyyy!

Dita said...

mau gak sekalian ngabisin kukis gue nih. Gak laku juga Non di sindang.

Ine Sena said...

weleh-weleh.... putuna cakeeep...

nifti said...

hihiih ngakak deh baca bagian akhir...jd biskuit udah ngalahin tolak angin ya jeng kekekke

MiNDY said...

coating n ngelapisnya rapih euy.

Nonon said...

@dita: nanti gue tawarin lagi ma pelbo (Redpel kribo) gue..

@nifti: takutnya nanti kalo dia masuk angin...dia minta bikinin lagi..hi..hi..saingan dong ma tolak angin. Besok gue bikin.."Orang masuk angin ga jelas makan peppermint biscuits nya nonon"

tie said...

cakep banget ngelapisin fillingnya :) lucunya pas baca bagian bawah ikutan ngakak xiixixi , salam KBB yahhh :)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails