Sunday, September 14, 2008

KBB#7 Soes Keju

Ultah KBB yang ke1, seru..walopun baru ikutan 3 kali tantangan, tapi tentu aja banyak kesan yang didapat di KBB ini.

Untuk ulang tahun kali ini gue ikutan Lomba Baking (karena ga bisa masak dan ga bisa motret)..sebenernya sich baking juga ga bisa-bisa amat...

Pilihan resepnya jatuh ke resep favorit anak-anak ku...favorit gue juga siy..hi..hi..secara rasanya 'keju' banget. Yang bikin sekali lahap bisa 2 soes sekaligus.

Resepnya dapet dari Gula Gula, Bara Pattiradjawane..

SOES VLA KEJU

Bahan untuk soes:

125 ml air

60 gr mentega atau butter

1/2 sdt garam (boleh dihilangkan)

75 gr tepung

2 butir telur

20 gr keju, parut halus

Bahan untuk vla keju:

3 buah kuning telur

1/2 sdt garam

1 sdt tepung maizena

100 ml susu

100 gr keju, parut halus

Cara membuat soes:

Rebus air dengan mentega dan garam hingga mendidih. Masukkan tepung langsung semuanya dan aduk hingga adonan menggumpal. Biarkan sebentar hingga hangat.

Masukkan telur satu persatu sambil terus diaduk.

Masukkan adonan soes dalam kantong semprot dan bentuk bulat soes berdiameter 1-11/2 cm diatas loyang.

Panggang dalam oven bersuhu 200-220 derajat Celcius selama 25-30 menit hingga soes mengembang dan berwarna kuning kecoklatan. Dinginkan.

Cara membuat vla keju:

Kocok kuning telur dengan garam hingga pucat. Pindahkan dalam sebuah panci.

Tambahkan tepung maizena sambil aduk rata. Nyalakan kompor dengan api sedang. Tuang susu dalam telur sambil terus diaduk dengan sendok kayu hingga panas dan mengental.

Tambahkan keju dan aduk hingga keju lumer.

Angkat panci dari atas api.

Cara menyajikan:

Masukkan vla keju ke dalam kantong semprot dan beri spuit bulat kecil.

Beri lubang kecil pada bagian bawah soes dan semprot vla keju melalui lubang kecil hingga soes terisi penuh.

Tips:

Ukur berat bahan-bahan soes dengan seksama dengan menggunakan timbangan. Berat yang tidak seimbang bisa membuat soes tidak mengembang dengan baik.

Lebih lezat jika menggunakan keju ‘Gouda’ atau sejenisnya. Tetapi bisa juga menggunakan keju jenis lain seperti keju cheddar.

7 comments:

shashakoe said...

aku dari zaman kapan mau bikin soes gk jadi2.. duhh yummi

MiNDY said...

kayana enak ya soes keju. jadi pengen nyoba bikin. salam KBB

Andrie Anne said...

Duh pasti endang nih..

Arfi Binsted said...

belum pernah aku bikin yang isi kezu... qiqiqiq... non, namamu kok ga ada di daptar ya? daptarnya di milis ya tempo hari? hiyaaaaaaaaa!!

*14* by Regina B said...

hmmmm sus keju....

Astra Aswinanda said...

sy bikin sus gagal mulu, I envy your talent deh :)

Nonon said...

enak lhoo...coba deccchhh..

triknya bikin soes..asal takaran dan cara pembuatannya sesuai dengan anjuran plussss suhu pemanggangan yang tinggi...mudah-mudahan soesnya bisa suksessss

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails