Tuesday, July 29, 2008

KBB#6 Cheese Biscuits




Tantangan KBB yang keenam ini mestinya sich semangat dikerjakan, secara katanya gampil dan pake keju pulak. Cuma entah kenapa karena lagi baking blue..jadi bikinnya ya di entar dulu..entar dulu…




Ditambah lagi dengan ga punya asisten…mendadak aja dua-duanya pulang, jadi pikiran terbebani dengan urusan jaga anak karena mesti kerja juga….(tambah kan alasan untuk baking blue).

Tapi, tiba-tiba dapet semangat waktu semua krucil terlelap berbarengan (tumben-tumbenan kok ya mereka kompak tidur siang hari).

Akhirnya mulai dech timbang-timbang bahan yang cuma sedikit dengan timbangan digital baru hasil arisan hi..hi..seru juga, ga pake jereng mlototin jarum timbangan.

Mengadonnya gampang banget…keju diparut..dicampur dengan butter (gue pake yang unsalted karena ada yang posting sebelumnya kalo hasil biscuitnya uasssiiinnn) dicampur juga dengan terigu. Terakhir nambahin sedikit bubuk cabe.

Digulung-gulung terus digulingkan di biji wijen, disusun di loyang dech..
Panggangggg…

Ditunggu udah lama..dibuka ovennya..lho, kok belom mateng…ternyata pas dilihat…gas nya abis.

Walah! Nelponin tukang gas dulu…baru ngelanjutin lagi manggang. Untungnya tantangan kali ini ga terlalu berpengaruh sama hasil panggangan.

Begitu jadi, dicobain sendiri…gigit…waaaaahhhh, wuenak ternyata lho. Apa emang guenya aja kali ya…yang kedemenan ma keju.

Tapi Naya ma Kayla juga doyan kok…sampe-sampe Kayla kerepotan makannya karena banyak biji wijen nempel-nempel di sekitar bibirnya…

Sempet agak susah juga nyari wijen di supermarket…

Nonon: “Mas, ada sajen ga?’

Trus pramuniaga C4 langsung pasang mimic aneh dengan kerutan dahi yang dalam…

Pramuniaga: “sajen, bu?”
(kali dipikirnya, gila kali ya..niy ibu nyari sajen..mau nyajenin siapa, buuu)

Nonon: “eh, maksud saya biji wijen, mas…”

Pramuniaga: “oooo…ga ada, bu”

Hi..hi..

Baru dapet di pasar tebet, keingetan untuk mampir beli wijen karena nganterin bos ke tukang jait.

Rasanya, mirip-mirip kastengels tapi dikasih wijen…pengen nyobain next time ga pake wijen, mungkin akan semakin mirip kastengel.
Resepnya:
CHEESE BISCUITS
Tingkat Kesulitan: Mudah.

English Version
Source: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.
225g grated mature cheese
125g butter
125g flour
cayenne pepper to taste
sesame seeds
With finger tips, mix together cheese, butter, flour and cayenne pepper until mixture forms a mass.
Butter a biscuit tray. Make small balls of the dough. Roll some in sesame seeds and press on tray, placing them fairly far apart as they will spread while cooking.
(We have pressed walnuts on some of the biscuits and, for a colour contrast, some chopped pistachio nuts).
Bake biscuits in pre-heated oven 180C for 15 minutes. Store in an airtight container.
Bahasa Indonesia
Sumber: Vogue Australia: Wine and Food Cookbook.
225g keju tua parut
125g mentega
125g tepung terigu
cayenne pepper
biji wijen
Campur keju, mentega, tepung dan cayenne pepper bersama (remas) menggunakan ujung jari sampai tercampur rata dan adonan menyatu membentuk gumpalan.
Siapkan loyang biskuit yang diolesi mentega. Bulatkan adonan kecil-kecil.
Gulingkan beberapa bulatan ke biji wijen dan tekan-tekan di atas loyang dengan jarak yang agak lebar karena biskuit ini akan meleber saat dipanggang.
(Kami—maksudnya tim dapurnya buku ini-- menaburkan walnut ke atas biskuit dan ditekan-tekan sedikit ke atas biskuit, dan untuk penambahan warna yang kontras, kami juga menambahkan pistachio cincang).
Panggang biskuit dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu dengan suhu 180C selama 15 menit.
Simpan di dalam wadah kedap udara.

2 comments:

Arfi Binsted said...

gue ngakak berat waktu baca dirimu nyari sajen qiqiqiq... alhasil cantik hasilnya, non :)

Andrie Anne said...

Kikikik..sajen..:-)
Cantik hasilnya..salam KBB:-)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails