Monday, March 30, 2009

KBB#10:Caramel Pots with Minted Shortbread Sticks




Kalo biasanya mengerjakan tantangan dengan hati 'tenang'...kali ini harus dikerjakan dengan jadwal yang padat merayap.
Paasss banget di bulan yang sama juga sedang repot-repotnya persiapan WI Fair 2009 (event besar kantor gue yang belum pernah terjadi). hi..hi..

Jadi, vanila dan daun mintnya ga pake yang segar. Cukup pake ekstraknya aja yang kebetulang masih banyak persediaan di rumah.

Kali ini, gue cukup 'ngeh' menuang si ekstrak mint biar ga berasa makan balsem lagi kayak biskuit yang duluw itu..hi..hi..

Bikin biskuitnya sich sukses dengan cepat...dan dengan cepat pulak habis sebelum si caramel potsnya jadi.
Yuuuk, bikin lagi....

Baru dapet kesempatan bikin caramel pots di minggu kedua bulan Maret. Sempet baca-baca di milis kalo bikin karamel ini yang agak tricky. Untungnya Mama ku cukup lihai bermain karamel, jadi udah dapet 'jampi-jampi' dari Mama untuk berhati-hati supaya nggak gosong.


Cuma manggangnya itu...oven andalan lagi 'ngambek' jadi apinya keciiiillll banget (mampet kali ya). Jadi gue pake oven listrik...ditungguin....sejam...ga mateng-mateng....1 jam setengah...ga mateng-mateng..sampe akhirnya gue set waktunya (tambahin lagi 30 menit)...trus gue tinggal pergi ma anak-anak...mateng sendiri ajah...wakakakakk...

Pulang-pulang masukin kulkas dan besok paginya dimakan....hmmm...enak banget. ga tau kenapa caramelnya juga ga terlalu kemanisan. paaas dengan biskuitnya.

Sukses!

Source: Chef Fred Wiesehutter, Heritage Christchurch, posted at Foodtown Magazine

Resep dalam Bahasa Inggris (Resep dalam Bahasa Indonesia lihat di bawah)


Minted Shortbread Sticks



100g icing sugar

200g flour

100g cornflour

250g unsalted butter, softened

1 vanilla pod, seeds removed and reserved

1 sprig mint, chopped



Preheat the oven to 150C. Line a baking tray with baking paper.

Combine the icing sugar, flours, butter, vanilla seeds and mint in a bowl and mix well. Roll out to about 1cm thick. Cut into 2 x 8cm fingers. Place on the prepared tray and bake for 20-25 minutes, until lightly golden. Cool and store in an airtight container until required. Makes about 30.



Caramel Pots

125g caster sugar
2 Tbs water
125ml milk
250ml cream

3 egg yolks



Whisk the sugar into the water in a saucepan. Heat carefully and cook to a golden caramel. Combine milk and cream in a separate saucepan and warm-do not boil. Whisk the milk into the caramel. Cool slightly.

Pour into four ramekins. Bake in a water bath at 160C for 30 minutes or until set. Remove the ramekin, cool then chill. Serves 4.



Minted Shortbread Sticks



100g icing sugar

200g tepung terigu

100g maizena

250g mentega tawar, lunakkan (di suhu ruangan)

1 batang vanili, ambil bijinya dan sisihkan

1 batang daun mint, cincang (halus)


Panaskan oven suhu 150C. Alasi loyang dengan baking paper.

Campur icing sugar, semua tepung, mentega, biji vanili dan mint di dalam mangkuk dan aduk rata. Gilas sekitar setebal 1cm. Potong-potong dengan ukuran 2 x 8cm (like fingers). Letakkan ke atas loyang yang sudah dialasi baking paper dan panggang selama 20-25 menit, hingga sedikit kecoklatan (musti diingat, shortbread pada umumnya berwarna pucat). Biarkan dingin dan simpan di dalam wadah kedap udara hingga diperlukan. Untuk 30 potong.


Caramel Pots


125g caster sugar

2 sdM air

125ml susu

250ml krim

3 kuning telur



Kocok dengan whisker gula ke dalam air di atas panci. Hati-hati saat memanaskannya (pakai api kecil saja) dan masak hingga berwarna coklat karamel. Campur susu dan krim di sebuah panci yang lain dan hangatkan, jangan sampai mendidih. Kocok dengan whisker susu ke dalam karamel. Biarkan dingin sejenak.

Tuang ke dalam 4 buah ramekin. Panggang di dalam water bath dengan suhu 160C selama 30 enit atau hingga set. Angkat, biarkan dingin, lalu masukkan ke dalam kulkas untuk didingkan lebih lanjut. Untuk 4 porsi.



2 comments:

alwayS Ri2N said...

sama mbak... walopun sibuk PR harus tetep jalan

hehehe

salam KBB

*14* by Regina B said...

sip deh non, yg penting jadi walaupun pakai lama :)

LinkWithin

Related Posts with Thumbnails